B. Visi Misi FTK

FAKULTAS TEKNOLOGI KELAUTAN
VISI.
Menjadi salah satu institusi unggulan dengan semangat Monozukuri dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi dan berperan dalam pengembangan bidang teknologi kelautan pada tahun 2025.
MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul di bidang teknologi kelautan.
  2. Meningkatkan pengembangan diri dosen di bidang pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat terutama di bidang teknik perkapalan dan teknik system perkapalan.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki budaya kreatif,berjiwa wirausaha, mampu berkomunikasi trilingual ( Bahasa Indonesia, Inggris dan Jepang.) dan berdaya saing tinggi.

1.PROGRAM STUDI TEKNIK PERKAPALAN.
VISI.
Menjadi program studi yang terkemuka dengan semangat monozukuri dalam pendidikan, pengembangan ilmu dan teknologi perkapalan serta memberikan konstribusi berarti bagi kemajuan industri dan transportasi maritime nasional maupun regional pada tahun 2025.
MISI.
Misi dari program studi teknik perkapalan adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, pengabdian bagi kehidupan masyarakat luas dengan berorientasi pada kebutuhan industry dan transportasi maritime yang ramah lingungan khususnya di bidang teknologi perkapalan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki budaya kreatif berjiwa entrepreunership, memiliki kemampuan berbahasa trilingual ( Bahasa Inggris, Jepang dan Indonesia ) dan berdaya saing tinggi di pasar global.
  3. Melakukan secara berkesinambungan penerapan teknologi dalam bidang teknik perkapalan dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan.

2. PROGRAM STUDI TEKNIK SISTEM PERKAPALAN
VISI.
Menjadi program studi yang unggul dengan semangat Monozukuri khususnya bidang perancangan instalasi sistem penggerak kapal, serta berperan aktif dalam pengembangan Teknologi Sistem Perkapalan di tingkat nasional pada tahun 2023.

MISI.

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul dibidang teknologi sistem perkapalan.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten, memiliki budaya kreatif, berjiwa wirausaha, mampu berkomunikasi trilingual (bahasa Indoensia, Inggris dan jepang) dan berdaya saing tinggi.

TUJUAN

  1. Mengembangkan potensi mahasiswa teknik sistem perkapalan menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan dunia maritim dan perkapalan bangsa Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan program studi teknik sistem perkapalan yang menguasai cabang ilmu pengetahuan perancangan sistem perkapalan dan peralatan apung untuk memenuhi kebutuhan nasional dan peningkatan daya saing bangsa Indonesia.
  3. Dihasilkannya produk pengembangan teknologi sistem perancangan sistem perkapalan dan peralatan apung melalui penelitian yang memperhatikan nilai humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan masyarakat
  4. Terwujudnya pengabdian masyarakat dibidang penerapan pengetahuan perancangan sistem perkapalan berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.