C. Program Studi FTK

Fakultas Teknologi Kelautan memiliki 2 (dua) Program Studi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) sehingga manajemen pendidikkan yang diterapkan dapat diselenggarakan secara mandiri.

Program Studi

  1. TEKNIK PERKAPALAN (S-1)
  2. TEKNIK SISTEM PERKAPALAN (S-1)

Kurikulum

Program pendidikkan pada Fakultas Teknologi Kelautan menggunakan sistem satuan kredit semester (SKS). Dalam sistem ini mahasiswa diwajibkan menyelesaikan 144 SKS dalam waktu 8 (delapan) semester atau 4 (empat) tahun. Dengan kredit 144 sks, mahasiswa yang aktif dan berkemampuan baik dapat menyelesaikan studinya dalam waktu kurang dari 4 (empat) tahun.

Kurikulum yang terdapat di Fakultas Teknologi Kelautan memiliki ciri khas yaitu :

  • Dengan mata kuliah bahasa Jepang dan bahasa Inggris yang merupakan bagian dari kurikulum Fakultas Teknologi Kelautan bertujuan setelah lulus mahasiswa mampu berkomunikasi dengan mitra asing pada bidang teknologi.
  • Kurikulum mengacu pada kurikulum nasional dan muatan lokal yang memperhatikan perkembangan teknologi & memperhatikan permintaan pasar kerja. Akhir dari proses belajar akan menghasilkan lulusan yang memiliki daya inovatif, kreatif dan mampu bersaing dibidang keilmuannya.

Bagi mahasiswa yang telah memperoleh ijazah D3 dalam bidang sejenis dan ingin melanjutkan ke jenjang sarjana, dapat mengikuti program ini. Jumlah SKS yang harus diambil di fakultas ini tentunya tergantung kepada jumlah kredit yang diakui sesuai kurikulum yang berlaku (penyataraan kurikulum).

Peluang Kerja

Dengan Bekal pengetahuan yang telah diajarkan selama mengikuti perkuliahan, lulusan Fakultas Teknologi Kelautan mampu bersaing dan ikut berperan dalam kegiatan pembangunan di bidang Teknologi Kelautan dan Industri. Dan peluang kerja yang akan dimasuki oleh lulusan Fakultas Teknologi Kelautan diantaranya : Industri Galangan Kapal seperti : PT.PAL, PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari, Sembawang Shipyard, Surveyor Indonesia, perusahaan pelayaran, BLT; Bangunan Lepas Pantai seperti : ARCO, MAXUS ; Industri seperti : Batara, Krakatau Stell, Trakindo ; Biro Klasifikasi Kapal seperti : BKI, ABS, NK, LR ; Petamina ; Sucofindo ; ABRI ; Bank dan bidang Asuransi ; Perikanan ; Staff Pengajar, dll.

Tenaga Pengajar

Pendidikan dan pengajaran dibimbing oleh dosen -dosen yang berkualifikasi doktor/S-3 dan magister/S-2 yang berpengalaman baik dalam dan luar negeri.

Fasilitas

Dalam menunjang kegiatan belajar para mahasiswa didukung dengan laboratorium yang dimiliki seperti: Fisika, Teknologi Mekanik, Uji Material, juga studio gambar yang merupakan salah satu fasilitas yang berperan penting dalam proses belajar di fakultas ini. Selain itu juga terdapat perpustakaan pusat di tingkat universitas yang memiliki jumlah buku yang dapat diandalkan sebagai referensi dalam proses belajar.